Menu atas

Jumat, 27 Juli 2018

Tujuh Tips Persiapan Umroh



Selain Haji, umrah adalah sebuah perjalanan spiritual yang dirindukan oleh setiap umat muslim. Mengunjungi rumah Allah dan mengharapkan ridha-Nya adalah tujuan yang mulia. Namun sebelum melakukan perjalanan umroh ada hal yang harus Anda persiapkan agar perjalanan spiritual ini berlangsung dengan baik. Inilah beberapa tips persiapan yang dapat Anda gunakan sebelum Anda berangkat umrah.

1.Pastikan Kondisi Tubuh Prima
Banyak orang yang lupa bahwa selama umrah kita akan banyak berjalan kaki dan suhu udara di Arab Saudi sangat panas saat siang hari. Karena itu sangat penting bagi Anda yang merencanakan perjalanan umrah untuk melatih fisik Anda 6 bulan sebelum keberangkatan. Persiapan fisik dapat dilakukan dengan olahraga, jalan pagi, dan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan. Fisik yang kuat bukan hanya membantu Anda melewati proses umrah tetapi juga dapat menikmati pengalaman perjalanan rohani sepenuhnya.

2.Latihan Sabar dan Ikhlas
Saat umrah, Mekkah dan Madinah akan dipenuhi dengan orang-orang yang juga sedang menjalankan umrah. Jadi seringkali Anda akan berada pada kondisi berdesak-desakan. Situasi seperti ini memang tidak nyaman. Bisa kaki Anda terinjak atau badan Anda terhimpit dan sulit bernapas yang kadang bisa membuat Anda kesal. Tapi Anda harus tetap bersabar. Pengalaman umrah tiap orang berbeda-beda. Kadang Anda akan mengalami hal-hal yang tidak sesuai harapan Anda, namun jika Anda menjalani umrah dengan ikhlas maka pengalaman yang tak terlupakan dan bahkan tergerak hati untuk datang lagi ke sini.

3.Hindari Mendorong, Tolonglah Orang Lain
Saat kondisi sedang berdesak-desakan hindari mendorong orang lain. Jika Anda ingin menuju satu tempat namun orang di belakang mendorong Anda, berikan jalan kepada mereka. Tak perlu Anda halangi. Hal ini tidak akan membuat Anda kecil tetapi menunjukkan perilaku yang mulia. Bahkan Anda juga dapat membantu membangunkan sesama umat jika terjatuh akibat didorong.

4.Bawa Baju yang Cukup Banyak
Perjalanan umrah bukanlah seperti perjalanan wisata kebanyakan di mana Anda bisa berpergian dengan pakaian sekucupnya dan hanya membawa sedikit barang.  Untuk umrah Anda harus membawa banyak baju karena suhu yang panas akan membuat pakaian Anda berkeringat dan berbau. Tentu Anda tidak mau mengenakan pakaian yang kotor saat melakukan umrah bukan? Anda cukup mengganti pakaian dan tak perlu repot mencuci baju. Waktu yang harusnya Anda gunakan untuk mencuci baju – apabila membawa pakaian sedikit, juga jadi dapat Anda gunakan untuk istirahat.

5.Jangan Berdiri di Tengah-Tengah
Saat Anda ingin berdoa, jangan berdiri di tengah, pilihlah lokasi yang agak pojok agar Anda dapat  berdoa dengan khusuk tanpa harus terganggu orang yang lewat saat Anda lewat.

6.Buatlah Dokumen Cadangan
Kehilangan barang dan dokumen seperti paspor, tanda pengenal adalah risiko yang mungkin terjadi saat Anda melakukan umrah. Namun seandainya hal itu terjadi Anda dapat mengantisipasi dengan membuat dokumen cadangan dan menyimpannya di email Anda dan email keluarga. Jadi sewaktu-waktu dibutuhkan Anda masih punya dokumen cadangan tersebut.

7.Selalu Berada Dalam Grup
Berada di antara ribuan jamaah yang sedang berjalan, mudah sekali bagi Anda terpisah dan kesulitan untuk mencari jalan pulang. Karena itu tetaplah berada dalam rombongan Anda dan jangan berusaha jalan sendiri ketika Anda ribuan orang sedang berjalan di tempat yang sama. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tanda pengenal yang dibagikan oleh pemimpin grup Anda sehingga Anda mudah dikenali apabila Anda tersesat.

Itulah beberapa tips yang Anda dapat gunakan agar umrah Anda berjalan dengan lancar. Semoga membantu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar